Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBPOM Semarang: Waspada Produk Cuci Gudang!

Kompas.com - 13/07/2013, 10:57 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Balai Besar Pengawasan Obat-obatan dan Makanan (BBPOM) Semarang meminta masyarakat setempat mewaspadai makanan dan minuman yang didiskon atau produk cuci gudang.

Pasalnya, produk cuci gudang itu belum tentu memenuhi standar layak konsumsi. "Kami berharap masyarakat mewaspadai produk cuci gudang, apalagi mendekati Lebaran nanti, banyak perusahaan yang melakukan cuci gudang," kata Kepala BBPOM Semarang, Zulaimah, Jumat (12/7/2013) siang.

Zulaimah meminta, masyarakat menghindari makanan dalam kemasan kaleng yang sudah berkarat atau penyok karena bisa jadi kuman sudah masuk ke makanan di dalam kaleng. Selain itu, banyak pula produk cuci gudang yang kedaluwarsa.

BBPOM juga, kata Zulaimah, bakal memperketat pengawasan terhadap berbagai produk cuci gudang. Pihaknya mulai pekan depan akan mengintensifkan inspeksi mendadak. Beberapa tempat yang menjadi sasarannya antara lain penjual takjil pinggir jalan, swalayan, hingga pasar tradisional.

"Targetnya makanan yang tidak memiliki izin edar, parsel, hingga label tidak memenuhi syarat," tandasnya.

Selain sidak, BBPOM juga akan menggunakan mobil laboratorium keliling untuk memeriksa takjilan di pinggir jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com