Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janjikan Majalah Sekolah, Oknum Wartawan Tipu IRT Rp 30 Juta

Kompas.com - 10/07/2013, 17:22 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com - Oknum wartawan mingguan, Uspandi (32), warga Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo, Jawa Timur, dilaporkan ke kantor polisi setempat oleh Endah Dewi Rohani (40) karena diduga menipu uang Rp 30 juta.

Dalam laporannya, Endah yang hanya seorang ibu rumah tangga itu mengaku ditipu dengan modus kerja sama untuk menerbitkan majalah sekolah oleh terlapor.

“Uang sebesar Rp 30 juta katanya untuk biaya cetak majalah sekolah, namun hingga kini majalah sekolah yang dijanjikan tidak pernah terbit. Bahkan, saat didatangi di rumahnya terlapor sudah tidak ada, karena merasa tertipu, saya melaporkan kasus penipuan ini ke SPKT Polres Situbondo,” kata Endah, Rabu (10/7/2013).

Menurut korban, aksi penipuan ini bermula saat oknum wartawan itu mendatangi rumah korban pada Februari 2013 lalu. Saat itu, pelaku menawarkan kerja sama untuk menerbitkan majalah sekolah. Untuk meyakinkan korbannya, oknum wartawan ini menjanjikan bagi hasil 50-50 persem.

“Penyerahan dana untuk biaya cetak majalah sekolah itu menggunakan kuitansi lengkap dengan setempel dan kop media. Saya percaya karena ada sejumlah pihak yang ikut menjadi perantara agar dirinya ikut memberikan modal usaha penerbitan,” beber Endah.

Kasubag Humas Polres Situbondo AKP Wahyudi mengatakan akan akan segera menindaklanjuti laporan tersebut. Pihaknya akan segera memanggil terlapor Uspandi.

”Atas perbuatannya terlapor bisa dikenakan pasal 378 atau 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman maksimal lima tahun kurungan penjara,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com