Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malang Terendam Banjir 1 Meter, 650 KK Mengungsi

Kompas.com - 10/07/2013, 09:58 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com — Wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, sejak Selasa (9/7/2013) pukul 20.00 WIB hingga Rabu (10/7/2013) dini hari, terus diguyur hujan cukup deras yang menyebabkan banjir setinggi lebih dari satu meter.

Wilayah terparah terkena banjir terdapat di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Di desa tersebut 650 kepala keluarga (KK) harus mengungsi akibat tempat tinggalnya terendam air dan lumpur.

Menurut data PMI Kabupaten Malang, hingga Rabu (10/7/2013) pagi, positif ada 650 KK yang harus mengungsi. "Saat ini sudah ada di tempat pengungsian. Kelengkapannya sudah disiapkan oleh pihak PMI," jelas Aprilianto, Sekretaris PMI Malang, kepada Kompas.com, Rabu (10/7/2013).

Sejak Selasa (9/7/2013) malam, petugas dari PMI Kabupaten Malang sudah berada di lokasi. Sebanyak 650 KK itu tersebar di tiga dusun, yakni Dusun Rowo Terate, Palung, dan Krajan. "Bahkan Dusun Gunung Tumo juga terendam, tapi kita belum mengeceknya," kata Aprilianto.

Banjir masuk ke rumah-rumah warga, kata Aprilianto, setelah ketinggian air sudah mencapai batas jembatan penghubung menuju Pantai Sendangbiru, yakni di Rowo Terate. "Tadi malam, petugas Polri, TNI, dan relawan membantu warga untuk mengungsi sementara ke tempat aman," katanya.

Yang jelas, kata Aprilianto, banjir yang masuk ke rumah warga disebabkan meluapnya Sungai Panguluran yang tak dapat menampung besarnya debit air. "Sepanjang sejarah, ini banjir terbesar di desa itu. Sebelumnya tak separah saat ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com