Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakak Jadi Wagub, Adik Jadi Bupati

Kompas.com - 09/07/2013, 15:48 WIB
Kontributor Pasuruan, Moh. Anas

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com — Irsyad Yusuf, adik Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, akhirnya resmi menjabat sebagai Bupati Pasuruan periode 2013-2018 setelah dilantik Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Pendopo Nyawiji Wenganing Gusti, Selasa (9/7/2013).

Pelantikan kader Partai Kebangkitan Bangsa itu terasa lengkap karena Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyaksikan langsung proses pengambilan sumpah tersebut.

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf dan Riang Kulup Prayuda, memang tergolong istimewa. Sidang pengambilan sumpah bupati-wakil bupati yang biasa dilakukan di kantor DPRD kini digelar di kantor pendopo dengan pengamanan yang ketat.

Ada tak kurang dari 750 polisi disiagakan di sejumlah titik sekitar Alun-alun Pasuruan. Selain itu, sejumlah kepala daerah lainnya juga turut hadir, antara lain Bupati Sidoarjo Syaiful Illah, Bupati Probolinggo Tantri Hasan Aminuddin, Wali Kota Malang terpilih Abah Anton, serta sejumlah tokoh lainnya.

"Saya sangat bersyukur karena acara pelantikan ini berlangsung sukses dan bayak tokoh dan ulama yang hadir," ujar Irsyad Yusuf.

Namun, saat disinggung soal kemenangannya sebagai awal dukungan kakaknya (Saifullah Yusuf) untuk maju dalam Pilgub Jatim pada 29 Agustus 2013 mendatang, Irsyad mengelak. Sebab, dia saat ini berkonsentrasi membuat Pasuruan lebih maju lagi.

"Tidak ada itu, yang jelas besok sudah mulai bekerja," ujarnya.

Pasangan Irsyad Yusuf dan Riang Kulup Prayuda (Gagah) terpilih dalam pemilihan pada 3 Maret 2013 lalu. Pasangan yang diusung PKB dan Partai Demokrat itu meraih suara 309.416 atau 41,47 persen mengungguli empat pasangan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com