Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KONI Magelang Dapat Hibah Rp 2,25 Miliar

Kompas.com - 09/07/2013, 08:24 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, menggelontorkan dana hibah Rp 2,25 miliar untuk Komite Olaraga Nasional Indonesia (KONI) kota itu. Besarnya dana hibah itu diharapkan dapat menjadi pendorong bagi KONI untuk memunculkan bibit olahragawan dan menggapai prestasi tinggi.

"Dana ini untuk mendukung peningkatan prestasi olahraga atlet Kota Magelang," kata Joko saat menyerahkan bantuan, Senin (8/7/2013). Harapannya, perbaikan dilakukan baik di pembinaan, peningkatan kesehatan dan kebugaran, maupun manajemen yang profesional.

Menurut Joko, dana hibah berasal dari APBD 2013 Kota Magelang. Penyerahan bantuan akan diserahkan secara bertahap, dengan penyerahan pertama Rp 776 juta.

Joko juga berharap KONI akan semakin jeli dan tanggap mencari bibit atlet potensial baik dari tingkat SD, SMP, maupun SMA. KONI sangat penting bagi maju atau mundurnya prestasi olahraga.

"Kami meminta KONI agar dana ini digunakan sesuai peruntukannya. Juga harus menghindari penyalahgunaan penggunaannya agar tidak muncul permasalahan di kemudian hari," tutur Joko. Namun, dia menegaskan bahwa hibah hanya stimulus. Harapannya, kata Joko, KONI tetap harus bisa hidup mandiri, tidak bergantung pada APBD, dan sebisa mungkin mencari sumber pendanaan lain.

Ketua KONI Kota Magelang Slamet Santoso menyambut baik hibah ini. Dia berjanji akan berkomitmen membina olahraga untuk menghasilkan atlet berkarakter dan berprestasi. "Kami selalu memantau aktivitas atlet," kata dia.

Apalagi, imbuh Slamet, pada Oktober 2013 mendatang akan ada Porprov 2013. Ajang kompetisi olahraga se-Jawa Tengah tersebut akan berlangsung di Banyumas. Slamet mengatakan, KONI berupaya pula menebar virus ke pengusaha agar mereka berkontribusi bagi kemajuan olahraga di Kota Magelang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com