Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Bireuen Kumpulkan Rp 1 Miliar untuk Korban Gempa

Kompas.com - 07/07/2013, 17:40 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com - Wujud kepedulian segenap masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bireuen kepada dua kabupaten tetangga yang ditimpa musibah gempa bumi, terkumpul dana, sembilan bahan pokok dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Bantuan senilai Rp 1 miliar itu disalurkan Minggu (7/7/2013).

Keseluruhan bantuan diterima di dua titik lokasi yakni Pendopo Bupati Bener Meriah dan Kantor Bupati Aceh Tengah. Bupati Bireuen, Ruslan M Daud, menyerahkan bantuan tersebut secara langsung untuk mengetahui kondisi terakhir pasca gempa 6,2 SR yang meluluhlantakkan kabupaten dingin tersebut.

Dana dan bantuan tersebut merupakan sumbangan dari ribuan PNS di lingkungan Pemkab Bireuen, ditambah pelajar-pelajar tingkat SD, SMP dan SMA, serta gabungan LSM lokasl yang menggelar malam amal tadi malam.

Bupati Bireuen mengungkapkan, secara geografis dua kabupaten tetangga yang ditimpa musibah memiliki jarak dekat dengan Kabupaten Bireuen. Kondisi itu yang menggerakkan warga Bireuen untuk cepat bersikap, memberi bantuan kemanusiaan guna memulihkan kondisi para korban.

“Masyarakat dan Pemkab Bireuen siap membantu jika diminta untuk penanganan korban gempa yang selamat,” kata Ruslan.

Ditambahkan Ruslan, bantuan tenaga medis sebagaimana yang sudah dikirim beberapa hari sebelumnya, juga akan diteruskan selama banyak korban gempa masih membutuhkan perawatan intensif.

Selain Bupati Bireuen, dalam rombongan turut hadir tokoh ulama kharismatik Aceh, Abu Tumin, yang antusias turun langsung menyaksikan korban gempa selamat yang bertahan di tenda-tenda pengungsian dengan peralatan seadanya.

Bupati Bener Meriah, A. Gani mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan masyarakat Kabupaten Bireuen untuk meringankan beban korban gempa di wilayahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com