Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Lokon Masih Tinggi, Warga Diminta Waspada

Kompas.com - 07/07/2013, 13:19 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Warga yang berada di sekitar Gunung Api Lokon di Kota Tomohon diminta untuk tetap waspada. Pasca-meletus pada Jumat, 5 Juli 2013, hingga kini aktivitas Gunung Lokon masih tetap tinggi.

"Saat ini, alat pencatat masih merekam seismik dengan 4 kali gempa tektonik, 2 kali gempa vulkanik dalam, 14 kali gempa vulkanik dangkal, dan 11 kali gempa embusan," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono, Minggu (7/7/2013).

Surono merekomendasikan agar masyarakat menahan diri untuk tidak berkegiatan dalam radius 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan.

Secara visual, dari kawah terlihat asap putih tebal, dengan ketinggian 100 hingga 450 meter. Pada letusan Jumat lalu, Gunung Api Lokon melontarkan material setinggi 700 meter ke udara. Letusan itu terlihat dengan sangat jelas dari Kota Manado, yang berjarak terbilang jauh dari Lokon.

Gunung Api Lokon beberapa bulan lalu tercatat mengalami intensitas aktivitas yang tinggi. Nyaris setiap minggu, gunung ini meletus dua hingga tiga kali.

Setelah beberapa bulan, Lokon kini kembali menunjukkan aktivitas yang tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com