Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jusuf Kalla: PMI Kirim Bantuan ke Aceh

Kompas.com - 05/07/2013, 20:43 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengatakan, PMI telah mengirimkan berbagai macam bantuan termasuk tenaga medis untuk membantu korban gempa bumi di Aceh.

"PMI sudah mengirim bantuan seperti dokter-dokter, makanan, dan selimut karena itu kebutuhan utama," kata Kalla saat ditemui di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Jumat (5/7/2013).

Kalla menambahkan, PMI saat ini tengah berkonsentrasi memberikan bantuan kepada para korban gempa bumi di Aceh dalam masa tanggap daruat yang ditetapkan selama dua minggu.

Setelah massa tanggap darurat berakhir, kata Kalla, PMI kembali memikirkan bantuan yang lebih besar. Mantan Wakil Presiden RI ini menjanjikan rehabilitasi untuk para korban yang rumahnya hancur digoyang gempa.

Dalam penyalurannya, PMI akan bekerja sama dengan pihak BNPB dan juga pemerintah daerah setempat. "Rehabilitasi berupa rumah. Tapi ini kan besar bisa. Dua atau tiga bulan ke depan," kata dia.

Selain bantuan medis, untuk menanggulangi trauma korban, PMI juga akan mengirimkan tenaga psikolog. "Namanya orang sedang stres perlu didampingi," ujar Kalla, yang belum dapat menyebutkan jumlah total rupiah untuk keseluruhan bantuan PMI. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com