Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Caleg Jatim Dilaporkan Bermasalah

Kompas.com - 05/07/2013, 15:40 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Tiga calon anggota DPRD Jawa Timur dilaporkan bermasalah. Ketiganya berasal dari tiga partai yang berbeda, yakni Partai Gerindra, Partai Nasdem, dan PDI Perjuangan.

Ketiganya, kata Komisioner KPU Jatim Agus Mahfudz Fauzi, dilaporkan oleh masyarakat dalam forum laporan masyarakat yang dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Kamis (4/7/2013) kemarin di Surabaya.

"Laporan ketiga caleg tersebut dari masyarakat sudah kami teruskan kepada partai yang bersangkutan," katanya ketika dikonfirmasi, Jumat (5/7/2013).

Caleg dari Partai Gerindra dilaporkan karena masih aktif sebagai pengurus salah satu ormas Muhammadiyah. Caleg dari Partai Nasdem dilaporkan sebagai terpidana kasus pembalakan liar. Sementara itu, caleg dari PDI Perjuangan dilaporkan karena masih terlibat kasus perdata.

"Dia masih terlibat utang piutang senilai Rp 300 juta yang saat ini masih dalam proses di pengadilan," tambahnya.

KPU menyerahkan sepenuhnya semua masalah yang menyangkut caleg kepada partai politik masing-masing. Apabila laporan tersebut benar, maka parpol berhak melakukan penggantian. KPU Jatim akan menerima nama caleg yang baru paling lama 1 Agustus 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com