Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok di Timika, Polisi Razia Ratusan Pendulang

Kompas.com - 04/07/2013, 23:08 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis


TIMIKA, KOMPAS.com — Pascabentrok pendulang yang menewaskan satu orang dan melukai belasan orang di areal pengendapan tailing mil 34, Distrik Kuala Kencana, Kamis (4/7/2013) siang, polisi di Timika menggelar razia pendulang.

Razia digelar aparat Polres Mimika dan Brimob Detasemen B di Jalan Airport pada Kamis malam sekitar pukul 21.30 WIT. Hasilnya, aparat menjaring 200 orang pendulang yang menumpangi tiga unit truk di Jalan Airport. Dalam razia ini, aparat mengamankan puluhan senjata tajam. Para pendulang langsung dibawa ke Mapolsek Mimika Baru.

Kepala Bagian Operasional Polres Mimika Kompol A Korowa yang memimpin razia malam tadi langsung mengimbau para pendulang untuk kembali ke rumah masing-masing.

Bentrokan antar-pendulang yang terjadi di areal pengendapan tailing yang menjadi lokasi dulang sudah sering kali terjadi. Bahkan, bentrokan kadang meluas ke Kota Timika, seperti yang terjadi pada 15 Maret lalu saat terjadi bentrokan antar-pendulang di mil 34 yang berujung lima orang tewas, yang sebagian korban ditemukan di luar lokasi dulang.

Bentrokan pendulang juga terjadi pada 7 Mei lalu. Insiden itu bermula dari rebutan lahan dulang yang berujung bentrok kelompok yang mengakibatkan tiga orang pendulang mengalami luka-luka.

Satu orang pendulang tewas dan belasan lainnya mengalami luka akibat bentrok antardua kelompok pendulang di areal pengendapan tailing mil 34, Distrik Kuala Kencana, Kamis (4/7/2013) siang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com