Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Siapkan Rp 40 Miliar untuk Gempa Aceh

Kompas.com - 03/07/2013, 20:13 WIB
Alsadad Rudi

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyiapkan dana Rp 40 miliar untuk penanganan gempa di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, dana tersebut merupakan bagian dari dana Rp 200 milyar yang telah disetujui oleh DPR dan Kementerian Keuangan. Adapun total dana keseluruhan yang diajukan berjumlah Rp 1 trilyun.

"Rp 70 miliar sudah untuk penanganan asap di Riau. Untuk gempa disiapkan Rp 40 miliar yang disesuaikan dengan kondisi lapangan," jelas Sutopo di Jakarta, Rabu (3/7/2013).

Sutopo menerangkan, pihak BNPB sudah mengirimkan satu unit helikopter milik TNI AU dari Riau ke Aceh untuk penanganan penyelamatan dan pencarian korban, khususnya yang berada di perbatasan Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Selain itu, lanjut Sutopo, dikirim pula satu unit pesawat CN 235 untuk melakukan foto udara dan mengkaji secara cepat dampak gempa.

"Sebanyak 1524 personel gabungan TNI/Polri siap dikerahkan ke Aceh. Saat ini pasukan masih berada di Riau untuk penanganan bencana asap," kata Sutopo.

Sampai saat ini, belum diperoleh data kerugian materi mengenai dampak gempa. Menurut Sutopo, seluruh jajaran terkait saat ini masih fokus pada upaya pencarian dan penyelamatan korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com