Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berhemat, Ganjar Minta Mobil Dinas Kijang Innova

Kompas.com - 02/07/2013, 19:13 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Ganjar Pranowo, calon Gubernur Jawa Tengah yang memenangi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) pada Mei lalu menolak menggunakan mobil dinas yang mewah dan mahal.

Calon gubernur yang diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini hanya ingin memakai mobil jenis Toyota Kijang Innova. "Tidak usah yang mahal, yang penting kan fungsinya. Saya pakai Innova saja sehingga bisa penghematan anggaran," ujar Ganjar saat dihubungi Selasa (2/7/2013).

Mobil Kijang Innova, selain harganya relatif murah juga dinilai irit bahan bakar. Ganjar menegaskan, penghematan itu harus dilakukan sehingga anggaran bisa maksimal untuk pembangunan infrastruktur yang lebih penting.

Terkait mobil dinas tersebut, untuk pejabat lain Ganjar berharap bisa menyesuaikan. Dengan begitu, mobil dinas untuk wakil gubernur, sekretaris daerah, dan kepala satuan kerja perangkat daerah dan setara eselon dua lain maksimal menggunakan mobil setara gubernur atau yang berharga lebih murah.

"Saya berharap yang lain bisa menyesuaikan," tambahnya.

Ganjar menegaskan, penghematan anggaran akan menjadi isu penting. Terlebih lagi dengan adanya kenaikan bahan bakar minyak yang membuat harga kebutuhan lain melonjak.

Menurut Ganjar, bukan suatu hal yang bijak jika pejabatnya mendapat fasilitas mewah dengan uang milik negara. Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menganggarkan Rp 22 miliar melalui APBD murni 2013 untuk pengadaan mobil dinas.

Dari anggaran tersebut Rp 6,5 miliar disiapkan untuk pengadaan mobil dinas gubernur, wakil gubernur, dan sekretaris daerah. Selain itu, istri pejabat juga akan mendapatkan fasilitas mobil dinas untuk menunjang kegiatannya.

Berdasarkan informasi yang beredar, jenis mobil yang dianggarkan sama dengan fasilitas gubernur dan wakil gubernur saat ini. Gubernur akan mendapatkan dua mobil, yakni Toyota Crown Royal Saloon seharga sekitar Rp 1,2 miliar dan mobil 4 WD Toyota Land Cruiser seharga Rp 1,5 miliar.

Sedang wakil gubernur dan sekretaris daerah akan mendapat mobil dinas jenis Toyota Camry dengan harga sekitar Rp 700 juta. Mereka juga akan mendapatkan fasilitas tambahan mobil Toyota Kijang Innova untuk para istri.

Sementara itu, mobil dinas yang dipilih Ganjar harganya jauh lebih murah dari yang dianggarkan. Harga Innova seri terbaru, yakni Grand New Innova Diesel 2,5 Seri V Automatic saat ini sekitar Rp 320 juta.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jateng Hadi Santoso mengatakan meski sudah dianggarkan, tetapi penggunaan dana itu dipasrahkan kepada gubernur baru. Jika tetap digunakan hal itu ungkapnya sudah sesuai regulasi. Namun, jika tidak, dana akan masuk ke kas daerah dan menjadi sisa lebih penggunaan anggaran (silpa).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com