BANDUNG, KOMPAS.com — Polrestabes Bandung hingga saat ini masih menyelidiki penyebab kebakaran gedung Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) yang terjadi pada Sabtu (29/6/2013) dini hari. Material sisa kebakaran telah dikirim ke laboratorium forensik Mabes Polri.

"Sampai sekarang belum diketahui apa penyebab timbulnya api hingga membakar ruang dosen dan ratusan arsip serta komputer," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Sutarno, di Mapolres Bandung, Senin (1/7/2013). Dia masih menunggu hasil dari laboratorium forensik Mabes Polri, untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

"Kami belum mau menyimpulkan apa penyebab dari kebakaran itu, termasuk dugaan sementara dari korsleting listrik. Jadi kita lebih baik tunggu hasil dari Mabes Polri," kata Sutarno. Ia mengatakan, Polrestabes Bandung telah mengirim material bekas terbakar di gedung tersebut untuk diinvestigasi laboratorium forensik Mabes Polri sesaat sudah kejadian.

"Kami sudah kirim material dan kita tunggu apa hasilnya. Selain itu, saksi-saksi telah dimintai keterangan," imbuh Sutarno. Kebakaran di kampus yang beralamat di Jalan Ganeca, Kota Bandung, Jawa Barat, tersebut menghanguskan lantai dua gedung Program Studi Teknik Industri ITB.

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Akhmaloka mengatakan, kerugian material akibat terbakarnya lantai dua Gedung Program Studi Teknik Industri tersebut diperkirakan mencapai Rp 100 juta rupiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.