BANDUNG, KOMPAS.com — Polrestabes Bandung hingga saat ini masih menyelidiki penyebab kebakaran gedung Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) yang terjadi pada Sabtu (29/6/2013) dini hari. Material sisa kebakaran telah dikirim ke laboratorium forensik Mabes Polri.

"Sampai sekarang belum diketahui apa penyebab timbulnya api hingga membakar ruang dosen dan ratusan arsip serta komputer," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Sutarno, di Mapolres Bandung, Senin (1/7/2013). Dia masih menunggu hasil dari laboratorium forensik Mabes Polri, untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

"Kami belum mau menyimpulkan apa penyebab dari kebakaran itu, termasuk dugaan sementara dari korsleting listrik. Jadi kita lebih baik tunggu hasil dari Mabes Polri," kata Sutarno. Ia mengatakan, Polrestabes Bandung telah mengirim material bekas terbakar di gedung tersebut untuk diinvestigasi laboratorium forensik Mabes Polri sesaat sudah kejadian.

"Kami sudah kirim material dan kita tunggu apa hasilnya. Selain itu, saksi-saksi telah dimintai keterangan," imbuh Sutarno. Kebakaran di kampus yang beralamat di Jalan Ganeca, Kota Bandung, Jawa Barat, tersebut menghanguskan lantai dua gedung Program Studi Teknik Industri ITB.

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Akhmaloka mengatakan, kerugian material akibat terbakarnya lantai dua Gedung Program Studi Teknik Industri tersebut diperkirakan mencapai Rp 100 juta rupiah.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email