Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Peluru Itu dari Latihan Wanita AU TNI

Kompas.com - 01/07/2013, 19:08 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Peristiwa hujan peluru di Dusun Gading IV, Gading, Playen, Gunung Kidul, yang sempat menggemparkan warga, berasal dari latihan yang dilakukan Wanita Angkatan Udara TNI AU di Kemuning, Patuk, Gunung Kidul.

"Peluru tersebut berasal dari latihan yang dilakukan Wanita Angkatan Udara (Wara) TNI AU di Kemuning, Patuk, yang dibuka tanggal 27 Juni dan akan berakhir 3 Juli," papar Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Adisutjipto Yogyakarta Mayor Sur Hamdi Londong Allu, Senin (1/7/2013).

Ia menjelaskan, di dalam latihan, materi yang diberikan antara lain kompas dan membaca peta. Lokasinya berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain dan ada pendadakan.

"Kemungkinan ada rekoset atau pantulan peluru," kata Mayor Sur.

Ia mengungkapkan, berdasarkan data yang masuk dari hasil inventarisasi ada 10 rumah yang rusak. Sebagian kerusakan rumah warga di bagian atap.

"Ada kena genting, meteran listrik, dan asbesnya. Data ini masih sementara. Kita akan mengganti kerusakannya hingga seperti semula lagi," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, warga Dusun Gading IV, Playen, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, berlarian menyelamatkan diri setelah puluhan peluru mengenai rumah-rumah mereka, Senin (1/7/2013).

Peristiwa yang menggemparkan warga itu terjadi saat mereka tengah beraktivitas. Tiba-tiba, terdengar beberapa kali tembakan dan ledakan dari arah barat.

"Kejadiannya sekitar pukul 09.00 WIB. Setelah terdengar bunyi tembakan dan ledakan, warga berlarian menyelamatkan diri," urai Darnoto, warga Dusun Gading, Senin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com