Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Malut Peringati HUT Polri dengan Amankan Pilgub

Kompas.com - 01/07/2013, 13:32 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com — Hari Ulang Tahun ke-67 Bhayangkara yang jatuh pada hari ini, bertepatan dengan pelaksanaan pemungutan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara.

Karena itu, upacara peringatan HUT Bhayangkara yang biasanya digelar di lapangan terbuka, kali ini ditiadakan. Sebab seluruh kekuatan personel diterjunkan untuk mengamankan Pilgub Maluku Utara.

“Seluruh personel tanpa terkecuali difokuskan untuk mengamankan pilgub,” ungkap Kabid Humas Polda Maluku Utara (Malut) AKBP Hendri Badar, Senin (1/7/2013).

Kendati demikian, lanjut Juru bicara Polda Malut, peringatan HUT Polri tetap digelar meski dengan cara yang sederhana, yakni memotong nasi tumpeng. Itu pun dilakukan setelah jajaran Polda Malut melakukan pengamanan pilgub.

Terkait pengamanan pilgub Malut, Hendri mengatakan, kekuatan penuh polda Malut sudah diterjunkan ke seluruh daerah di Maluku Utara sejak akhir pekan kemarin.

“Mulai dari intelijen hingga polisi lalu lintas sudah diturunkan,” tandasnya.

Dia menambahkan, pengamanan pilgub Malut oleh polda sangat ketat. Wilayah yang dianggap sebagai titik rawan, tiap TPS dikawal 3 orang anggota polisi bersenjata lengkap bersama satu anggota TNI, termasuk satu orang anggota Linmas.

Sementara itu, bagi daerah yang dinilai aman, tiap TPS hanya dikawal 1 orang petugas polisi ditambah 1 orang dari TNI dan 1 Linmas. Hingga saat ini, pelaksanaan pemungutan suara Pilgub Malut berjalan lancar. Seluruh kabupaten/kota dilaporkan aman terkendali saat pelaksanaan pemungutan suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com