Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Sulawesi Diguncang Gempa Dua Kali

Kompas.com - 30/06/2013, 10:09 WIB
Farid Assifa

Penulis

Sumber Antara

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com
 — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa telah terjadi dua kali guncangan gempa tektonik yang terjadi di Sulawesi (Semenanjung Minahasa) pada Minggu pagi, pukul 08.04 WIB dan 08.46 WIB, dengan kekuatan 5,1 skala Richter (SR) dan 5,0 SR.
   
Menurut BMKG, seperti disampaikan Kepala Stasiun Geofisika Kotabumi Lampung Yuharman, guncangan gempa bumi pertama terjadi dengan kekuatan 5,1 SR, Minggu pagi pukul 08.04 WIB di barat laut Donggala, Sulawesi Tengah.
   
Gempa ini berpusat pada daerah dengan koordinat Lintang 0.64 derajat Lintang Utara (LU) dan Bujur 119.05 derajat Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 10 km.

Lokasi gempa berada di Semenanjung Minahasa (Minahasa Peninsular) Sulawesi; 125 km barat laut Donggala; 180 km barat daya Toli Toli; 194 km barat laut Palu; 174 km barat laut Palu Sulteng; dan 1.556 km timur laut Jakarta.

BMKG menegaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan ancaman tsunami.

BMKG menyebutkan pula guncangan gempa berikutnya terjadi dengan kekuatan 5,0 SR pada Minggu pagi, pukul 08.46 WIB di barat laut Palu, Sulawesi Tengah.
   
Pusat gempa berada pada Lintang 0.54 derajat Lintang Selatan (LS) dan Bujur 119.83 derajat Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 km.

Lokasi gempa ini juga di Semenanjung Minahasa Sulawesi; 39 km barat laut Palu; 44 km barat laut Sigi; 64 km barat laut Parigimoutong; 29 km timur laut Palu Sulteng; dan 1.576 km timur laut Jakarta.

BMKG juga menegaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan ancaman tsunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com