Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merapi Embuskan Asap Putih Selama 30 Menit

Kompas.com - 28/06/2013, 17:19 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Gunung Merapi kembali mengeluarkan embusan asap putih tebal kecoklatan selama 30 menit, Jumat (28/6/2013). Fenomena alam itu terjadi sekitar pukul 09.35-10.05 WIB, terekam dari sensor kegempaan di Pasar Bubrah.

"Ketinggian embusan sekitar 350 meter dengan tekanan sedang," terang petugas pengamat Gunung Merapi di Pos Pengamatan Kaliurang, Lasiman Pecut, Jumat (28/6/2013).

Ia mengungkapkan terjadinya guguran bukan disebabkan oleh aktivitas vulkanik dari dalam Merapi, melainkan hanya merupakan guguran batuan yang ada di kawasan puncak.

"Intensitas kegempaan masih dalam keadaan normal dan tidak ada yang menonjol," tandasnya.

Dalam sepekan terakhir, lanjut Pecut, embusan baru sekali ini terjadi. Meski terjadi embusan, tetapi status Gunung Merapi masih tetap aktif normal.

Berdasarkan data kegempaan yang terpantau melalui pos pengamatan Gunung Merapi di Kaliurang, pada tanggal 20 Juni 2013 terjadi empat kali guguran dan dua kali gempa tektonik.

Tanggal 21 Juni terjadi empat kali guguran dan dua kali gempa tektonik. Lalu tanggal 22 Juni terjadi satu kali guguran dan tiga kali gempa tektonik, dan tanggal 23 Juni tiga kali guguran dan satu kali gempa tektonik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com