Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Warga Sekitar Danau Toba Gelar Pesta Rakyat

Kompas.com - 27/06/2013, 21:34 WIB
Tigor Munthe

Penulis


SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Diawali dengan manortor bersama, masyarakat Parapat menggelar Horas Parapat Fiesta di Open Stage Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (27/6/2013). Horas Parapat Fiesta merupakan pesta seni, budaya dan olahraga tradisional yang akan digelar hingga Minggu (30/6/2013).

Ketua Panitia Pelaksana Horas Parapat Fiesta, Jhonny Sinaga saat pembukaan pesta, menjelaskan, even ini digagas dan didanai masyarakat Parapat. Menurut Sinaga, aneka kegiatan digelar di antaranya parade kuliner daerah, festival vokal grup, lomba solu, festival tor-tor, lomba sepak bola utte (jeruk purut), olahraga tradisional seperti marhonong dan marukkor.

Ada juga atraksi paralayang dan eksebisi perahu layar serta dihibur artis ibu kota seperti Alex Hutajulu dan Rani Simbolon.

"Kegiatan pesta seni ini murni swadaya dan inisiatif masyarakat Parapat yang cinta dengan seni, budaya dan pariwisata di Danau Toba ini," kata Sinaga.

Sementara itu, Ketua Umum Horas Parapat Fiesta Mayor Laut Agus Salim dalam sambutan pembukaan, berharap kegiatan ini akan digelar setiap tahun secara reguler.

"Saya berharap kegiatan pesta ini terus berlangsung dengan partisipasi masyarakat Parapat demi menunjang pariwisata Danau Toba," katanya.

Pesta yang dihadiri secara antusias masyarakat Parapat dan perantau asal Parapat yang datang secara khusus, dibuka secara resmi oleh Hj Nuriati Damanik yang juga wakil bupati Simalungun. Hj Nuriati Damanik, dalam sambutan pembukaan, menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan Horas Parapat Fiesta yang diprakarsai oleh masyarakat Parapat.

"Kita harapkan ini menjadi kalender tetap setiap tahun, tentu dengan pelaksanaan yang lebih profesional demi menunjang dunia pariwisata di daerah ini," kata Hj Nuriati Damanik.

Seusai pembukaan, Jhonny Sinaga menegaskan kehadiran Hj Nuriati Damanik kapasitasnya sebagai tokoh perempuan dari Kabupaten Simalungun, bukan sebagai wakil bupati. Sedangkan Bupati Simalungun JR Saragih tidak hadir dalam pesta seni, budaya dan olahraga ini meski diundang pihak panitia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com