Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolres: Situasi Mamala Morela Telah Terkendali

Kompas.com - 24/06/2013, 18:16 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Kepala Polres Pulau Ambon dan Pulau – Pulau Lease, Ajun Komisaris Besar Polisi, Bintang Julianta mengatakan, saat ini kondisi keamanan Desa Morela dan Mamala yang sebelumnya terlibat bentrok telah terkendali.

“Situasi telah dapat dikendalikan, dan saat ini sudah kondusif,” kata Bintang kepada Kompas.com, Senin (24/6/2013).

Demi meminimalisasi terjadinya bentrok susulan antara kedua warga, Pores Pulau Ambon dan Pulau–Pulau Lease mengerahkan sedikitnya, 2 SST pasukan Brimob dibantu personel Polsek setempat.

“Di sini sudah ada 2 SST personil Brimob dibantu aparat TNI BKO dan polres setempat jadi seluruhnya berjumlah kurang lebih 120 personel,” ungkap Bintang.

Selain mengerahkan personel Brimob untuk menjaga situasi keamanan didua desa itu, Kapolres mengakui, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan kedua Raja (Kepala Desa) setempat dan tokoh pemuda dan tokoh masyarakat di wilayah tersebut guna meredam bentrokan.

“Langkah pertama saya langsung menuju TKP, dan berkoordinasi langsung dengan raja kedua desa serta tokoh pemuda dan tokoh masyarakatnya,”ujar Bintang.

Dalam pertemuan dengan kedua raja dan tokoh masyarakat secara terpisah itu, Bintang mengajak agar warga kedua desa agar dapat menahan diri dan tidak terpancing dan terprovokasi dengan isu–isu yang tidak benar.

Dia pun mengimbau kepada kedua warga agar dapat menjaga lingkungannya masing–masing, dan dapat menghargai satu sama lain. ”Saya berencana kedua warga ini nanti bisa shalat berjamaah sama–sama satu masjid di bulan ramadhan nanti, ini mungkin upaya kita untuk membuka jalan damai antarkedua warga ini,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com