Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deddy Mizwar Harap Viking dan Jakmania Berdamai

Kompas.com - 24/06/2013, 17:54 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Banyaknya korban yang timbul akibat rivalitas dua suporter klub raksasa di Indonesia, yaitu Persib Bandung dan Persija Jakarta, mengundang komentar dari Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Dia berharap suporter dari kedua kesebelasan, yaitu Viking dan Jakmania, bisa berdamai. Deddy pun berharap bisa duduk bersama dengan semua pihak terkait untuk mewujudkan perdamaian yang tidak pernah berhasil ini.

"Iya, kita usahakan nanti kita duduk bareng," ucap Deddy seusai kunjungan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api GBLA di Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Senin (24/6/2013).

Sementara itu, terkait tindakan tidak terpuji yang dilakukan oleh kedua belah pihak, Deddy merasa ada kejanggalan.

"Saya kira ini kan masalahnya jelang 2014. BBM juga baru naik. Banyak orang yang bisa memanfaatkan dengan mengganggu keamanan seperti itu. Saya juga enggak yakin itu Jakmania. Mungkin ada orang tertentu yang merencanakan sejak awal. Mereka (Persib) dicegat dan dihajar. Itu kan, terencana, bukan sebuah spontanitas," paparnya.

Soal perusakan di Bandung, lanjut Deddy, hal tersebut diakuinya karena spontanitas bobotoh yang tersulut emosi atas tindakan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Deddy menceritakan, ternyata tidak semua bobotoh pada saat itu bertindak anarkistis. "Saya kira itu spontanitas. Kalau diganggu jagoannya, ya begitu. Juga banyak di Bandung malah menyelamatkan. Seperti kemarin, kakak saya di Bandung malah diselamatkan sama bobotoh. Jadi jangan menggeneralisasi seperti itu. Itu spontanitas saja dan mungkin itu juga bukan bobotoh," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com