Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamanan Sidang Cebongan Lebih Ketat

Kompas.com - 24/06/2013, 10:03 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pengamanan sidang lanjutan kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Cebongan, Sleman, dengan terdakwa 12 anggota Kopassus Kandang Menjangan Kartasura diperketat, Senin (24/6/2013).

Sidang dengan agenda pembacaan eksepsi ini rencananya akan digelar sekitar pukul 09.00 WIB di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta. Sekitar pukul 07.30 WIB, petugas pengamanan dari TNI dan kepolisian telah berada di lokasi.

Meskipun dari segi jumlah personel dari Polri dan TNI tidak ada perbedaan, pengamanan sidang kedua ini lebih diperketat. Setiap pengunjung yang masuk ke area sidang dicek dengan alat pendeteksi logam oleh enam anggota Gegana Brimob Polda DIY.

Selain itu, jika di persidangan pertama banyak dijumpai spanduk-spanduk di depan gedung pengadilan, untuk persidangan kedua ini, spanduk dukungan dilarang dipasang di dalam area Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta.

"Sidang ini terbuka, tapi ada aturannya. Kemarin terlalu bebas, sekarang di dalam tidak boleh ada spanduk dan pengunjung diperiksa sebelum masuk ," ujar Kasi Ops Korem 072/Pamungkas Letkol JXB Nunes saat memberi pengarahan kepada regu pengamanan sekitar pukul 08.00 WIB.

Tak hanya melakukan pengecekan terhadap pengunjung, sekitar pukul 08.15 WIB anggota Gegana Brimob Polda DIY juga melakukan sterilisasi ruangan persidangan dan area Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta dengan menggunakan alat pendeteksi logam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com