Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersikeras Jadi Cagub, Eggi Sudjana Bawa 2 Juta Dukungan KTP

Kompas.com - 23/06/2013, 19:31 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

KOMPAS/HARRY SUSILO Pengacara Eggi Sudjana (tengah berpeci) diantarkan pendukungnya mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur, di Surabaya, Kamis (11/4/2013). Eggi menyerahkan dukungan 1,2 juta kartu tanda penduduk agar dapat mendaftarkan diri sebagai calon independen dalam Pemilihan Kepala Daerah Jatim yang digelar 29 Agustus mendatang. Pendaftaran calon dibuka pada 13-19 Mei mendatang.
SURABAYA, KOMPAS.com - Pasangan calon gubernur Jawa Timur dari independen Eggi Sudjana-Muhamad Sihat memenuhi janjinya untuk "membayar denda" kepada KPU Jatim.

Mereka menyerahkan dua kali lipat jumlah dukungan KTP yang dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk maju menjadi kontestan di Pilgub Jatim, Agustus nanti.

Minggu (23/6/2013) siang, dikawal puluhan pendukungnya, Eggi-Sihat menyerahkan 2 juta berkas dukungan KTP lagi.

Saat datang ke kantor KPU Jatim di Surabaya, Eggi-Sihat mengendarai becak dengan mengenakan pakaian adat Madura, sementara pemilik becak duduk di depannya sebagai penumpang.

"Ini adalah simbol bahwa pemimpin harus melayani rakyat, bukan minta dilayani oleh rakyat," katanya.

Berkas dukungan yang dibawa Eggi lebih dari jumlah yang diminta KPU Jatim sekitar 1,7 juta, atau dua kali lipat dari jumlah dukungan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat sebanyak 850 ribu.

"Jika masih dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh KPU, maka dapat kami pastikan, KPU Jatim tidak profesional dalam menggelar Pilgub, dan pasti ada intervensi pihak yang sengaja menjegal pencalonan saya," ujarnya.

Sebelumnya, hasil verifikasi faktual dukungan foto kopi KTP pasangan Eggi Sudjana-M Sihat hingga di tingkat KPU kabupaten/kota menyatakan, sekitar 850 ribu dukungan tidak memenuhi syarat dari total dukungan yang diserahkan saat mendaftar pertama kali sebanyak 1,1 juta lebih.

Sesuai aturan KPU, jika pasangan ini ingin tetap lolos, maka harus melengkapi dua kali lipat jumlah dukungan yang kurang menjadi minimal 1,7 juta dukungan foto kopi KTP.

Pasangan ini berhasil mengumpulkan 1.135.784 KTP. Lebih dari yang disyaratkan KPU Jatim sebanyak tiga persen dari total penduduk Jatim. Dukungan KTP Eggi Sudjana-Sihat juga memenuhi ketentuan yang disyaratkan, yakni 20 kabupaten/kota dari 38 kabupaten/kota di Jatim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com