Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Gempa Lombok Belum Dapat Bantuan

Kompas.com - 23/06/2013, 16:47 WIB
Kontributor Kompas TV, Abdul Latif Apriaman

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com — Para korban gempa di Dusun Gol, Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengeluhkan lambannya bantuan berupa tenda dan makanan bagi mereka. 

Mereka mengeluh, hingga lebih dari 24 jam setelah terjadi gempa berskala 5,4 skala Richter yang mengguncang wilayah itu, Sabtu (22/6/2013), mereka belum menerima bantuan apa pun.

"Sampai saat ini belum ada bantuan apa pun yang kami terima. Untuk makan kami terpaksa berutang mi," kata Isni, salah seorang warga, Minggu (23/6/2013).

Dusun Gol adalah salah satu wilayah yang paling parah terkena dampak gempa. Sebagian rumah di dusun ini rata dengan tanah, sementara rumah yang masih berdiri tak layak lagi untuk ditempati.

Hingga Minggu siang warga masih berteduh di berugak —sejenis balai-balai beratapkan jerami atau daun kelapa kering— yang dirasa paling aman.

"Yang paling kita butuhkan saat ini adalah tenda, selimut, makanan, dan minuman," kata Muhasib, warga lainnya.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, gempa berkekuatan 5,4 SR yang mengguncang Pulau Lombok, Sabtu kemarin, telah merusak lebih dari seribu rumah warga yang tersebar di tiga kecamatan. Ketiga kecamatan itu adalah Kecamatan Ganggal, Kecamatan Tanjung, dan Kecamatan Pemenang. Dua puluh empat orang dilaporkan mengalami luka-luka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com