Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga BBM Naik, Maluku Utara Gelar Pasar Murah

Kompas.com - 23/06/2013, 12:26 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Maluku Utara mengantisipasi kenaikan harga BBM dengan menggelar pasar murah.

Gubernur Maluku Utara Thaib Armaiyn mengatakan, rencana operasi pasar murah akan segera dilakukan dalam waktu dekat. Nantinya, sembilan bahan pokok akan ditawarkan ke masyarakat yang dinilai terkena dampak kenaikan harga BBM.

Penetapan harga barang yang ditawarkan pun ditekan sedemikian rupa agar dapat terjangkau oleh masyarakat ekonomi lemah. Paling tidak, menurut Thaib Armaiyn, penetapan harga berdasarkan penawaran distributor barang.

“Rencana pemerintah akan melakukan operasi pasar. Oleh karena itu kita di daerah akan melakukan pasar murah untuk orang-orang yang terkena dampak ini,” jelas Thaib Armaiyn, Sabtu (22/6/2013).

Lebih dari itu, rencana kegiatan pasar murah oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara juga terkait menjelang bulan puasa. Sebab menurut Thaib, biasanya harga barang kebutuhan pokok diprediksi akan naik menjelang Ramadhan.

Meski tidak menjelaskan pelaksanaan teknisnya, Thaib menjanjikan kegiatan pasar murah akan digelar di 9 kabupaten/kota yang ada di Maluku Utara.

"Teknisnya itu nanti ada instansi teknis yang kelola," tutup Thaib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com