Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Tangkap 132 Imigran Gelap di Bandung

Kompas.com - 21/06/2013, 13:15 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Kepolisian Resor (Polres) Bandung menangkap 132 imigran gelap asal Iran di Hotel Sally dan Villa Coklat, Kecamatan Ciwidey, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Penangkapan dilakukan pada Rabu (19/6/2013), sekitar pukul 18.00 WIB.

"Penangkapan ini berdasarkan informasi dari warga," kata Kombes Pol Martinus Sitompul, Kabid Humas Polda Jabar, saat dihubungi, Jumat (21/6/2013).

Martinus mengatakan, dalam peristiwa itu polisi juga menangkap pria bernama JP (47) yang diduga berperan sebagai koordinator lapangan dan seorang rekannya bernama MG (40). Kedua tersangka sempat mengecoh polisi.

"Mereka sempat bersembunyi, tetapi dengan kesigapan polisi mereka berhasil ditangkap," tutur Martinus.

Berdasarkan penyidikan polisi, kata Martinus, JP berencana membawa ratusan imigran gelap tersebut ke Cidaun, Cianjur, Jawa Barat, untuk kemudian dilayarkan ke Australia menggunakan kapal. Kapal tersebut telah dipersiapkan oleh penduduk Cidaun.

Saat ini, para imigran tersebut masih diamankan di Polres Bandung, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, untuk menunggu serah terima dengan pihak imigrasi. Serah terima dilakukan Jumat (21/6/2013), siang ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com