Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurnalis Bali Gelar Aksi Solidaritas untuk Wartawan Korban Demo

Kompas.com - 20/06/2013, 07:07 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Puluhan jurnalis Bali menggelar aksi unjuk rasa di depan Mapolda Bali, Rabu (19/6/2013). Aksi itu digelar untuk mengecam aksi penembakan dua jurnalis di Jambi dan Ternate.

Para awak media elektronik dan cetak ini melakukan aksi tabur bunga di atas tumpukan kamera dan kartu ID jurnalis mereka. "Aksi ini untuk menyuarakan aspirasi kami bahwa kekerasan terhadap masyarakat sipil termasuk wartawan tidak dibenarkan," ujar koordinator aksi, Slamet Kurniawan, di sela unjuk rasa.

Para jurnalis menuntut pelaku penembakan jurnalis Trans 7 Jambi, Nugroho Anton, dan wartawan Mata Publik, Robby Kaleri, di Ternate ditindak tegas dan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku. Aksi damai dilanjutkan dengan penyerahan pernyataan sikap yang menekankan tuntutan pengusutan tuntas kedua insiden.

Aksi itu juga mengajak semua organisasi wartawan untuk melawan segala tindak kekerasan terhadap wartawan. Pernyataan sikap para jurnalis diterima Kabid Penmas Polda Bali AKBP Sri Harmiti dan akan diteruskan ke Kapolda Bali Irjen Arif Wachyunadi.

Para wartawan yang meliput beragam aksi unjuk rasa terus saja turut menjadi korban. Terakhir, Rabu (19/6/2013) malam, wartawan Rakyat Sultra menjadi korban bentrok polisi dan mahasiswa di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com