Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deddy Mizwar Akan Bentuk Koperasi Seniman di Jabar

Kompas.com - 19/06/2013, 22:27 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Deddy Mizwar menilai pembentukan koperasi khusus bagi seniman di wilayah Jabar sangat penting. Dirinya merencanakan pembentukan koperasi ini bisa direalisasikan selama masa jabatannya lima tahun ke depan.

"Saya memiliki rencana membuat koperasi bagi para seniman, itu bagus kan? Soalnya para seniman di Jawa Barat sangat memiliki potensi. Ini untuk memudahkan seniman dalam berkarya dan melestarikan kesenian di Jabar," terang Deddy saat menghadiri acara seminar pendamping KUMKM bersama Menteri Koperasi dan UKM RI Syarief Hasan, di Hotel Santika Tasikmalaya, Rabu (19/6/2013).

Deddy berharap dengan dibentuknya koperasi khusus seniman ini, para pekerja seni di Jabar akan mampu meningkatkan kreativitas karyanya sehingga beberapa jenis kesenian khas daerah bisa dilestarikan. Selain itu, tingkat kesejahteraan para seniman daerah akan meningkat.

"Contohnya, para pemain dan pembuat kecapi saja, sekarang sudah sulit dan jarang yang bisa. Mereka rata-rata warga yang kehidupannya kurang mampu, usianya sudah tua, dan tinggal di daerah. Tapi, mereka memiliki potensi besar. Jadi, bagaimana untuk membangkitkan mereka, dan menularkan ilmunya kepada penerusnya? Ya, salah satunya dengan dibentuknya koperasi khusus seniman ini," tambah Dedi.

Dengan adanya koperasi khusus seniman, kata Deddy, diharapkan para seniman bisa mampu bangkit. Terutama bagi mereka yang kesulitan mendapatkan modal usaha untuk mengembangkan potensi seninya.

"Kalau ada koperasi, paling tidak mereka bisa semangat lagi untuk berkarya. Bahkan, mereka yang kesulitan modal untuk membuka usaha alat seni, kan bisa terbantu," pungkas aktor yang tekenal dalam film Naga Bonar ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com