Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerima BLSM Jateng-DIY Capai 2 Juta Lebih

Kompas.com - 19/06/2013, 22:21 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — PT Pos Indonesia (Persero ) area VI Jateng-DIY siap menyalurkan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) kepada masyarakat miskin di Jawa Tengah dan DIY. Bantuan ini merupakan kompensasi atas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang rencananya akan diumumkan Juni 2013 ini.

Hari Purnama, Kepala Area Ritel dan Properti PT Pos Indonesia (Persero) area VI Jateng-DIY menyebutkan, jumlah penerima BLSM di Jateng dan DIY total mencapai 2.770.548 rumah tangga sasaran miskin. Sebelum BLSM disalurkan, pihaknya telah memberikan kartu Perlindungan Sosial (KPS) bagi para calon penerima sejak tanggal 7 Juni 2013 lalu.

"Hingga saat ini pemberian KPS sudah mencapai 50 persen," kata Hari, Rabu (19/6/2013).

Adapun untuk penyaluran BLSM akan dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama akan dimulai 22 Juni 2013 mendatang yakni di Kota Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Adapun daerah lainnya akan disalurkan mulai awal Juli mendatang.

"Pencarian BLSM bisa dilakukan di kantor pos dan kantor kelurahan setempat atau komunitas masyarakat," jelas Hari.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir bahwa BLSM tidak akan hangus meskipun diambil tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tetap tertib ketika akan mengambil BLSM. Pihaknya juga menyatakan bahwa proses pengiriman dana BLSM lancar, tertib, aman, dan nyaman.

"Uang BLSM tidak akan hangus meski tidak diambil sesuai jadwal. Jadi, tidak perlu berebutan atau mengantre panjang di tempat pengiriman," pintanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com