Kompas.com - 19/06/2013, 20:04 WIB
|
EditorFarid Assifa

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sidang kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Cebongan, Sleman yang digelar pada Kamis (20/6/2013) di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta, akan dijaga ketat dari pihak TNI dan Brimob Polda DIY.

Komandan Satuan Brimob Polda DIY Kombes Pol Gatot Sudibyo mengatakan, untuk mengamankan jalannya sidang pihaknya akan menerjunkan personel yang terbagi di dua tempat yakni di Pengadilan Militer (Dilmil) dan Lapas Cebongan Sleman.

"Di Dilmil akan diterjunkan 1 satuan setingkat kompi (SSK) jumlahnya 100 personel dan 2 tim One Terror, 1 timnya 6-8 personel," terangnya, Rabu (19/6/2013).

Ia mengungkapkan personel Brimob juga akan berjaga di jalanan sekitar Pengadilan Militer. Selain itu, pihaknya juga akan menurunkan 2 unit Penjinak Bom (Jibom) yang disiagakan di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta dan di Lapas Cebongan.

"Ada satu tim SSK sebanyak 30 personel yang akan ditempatkan di Lapas IIB Cebongan, Sleman," katanya.

Sidang pertama kasus penyerangan Lapas yang menyebabkan tewasnya empat tahanan titipan Polda DIY dijadwalkan digelar pada Kamis (20/6/2013) sekitar pukul 10.00 WIB. Agenda persidangan nantinya berupa pembacaan dakwaan kepada 12 tersangka, anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Group II, Kandang Menjangan, Kartosuro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.