Jelang Kenaikan Harga, Seluruh SPBU di Bangkalan Dijaga Polisi

Kompas.com - 18/06/2013, 18:57 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

BANGKALAN, KOMPAS.com - Keputusan Pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) membuat jajaran Kepolisian Resor Bangkalan, Jawa Timur, waspada dengan adanya aksi penimbunan BBM yang dilakukan oleh SPBU, atau pun oleh masyarakat.

Polres Bangkalan menempatkan sebanyak tiga personel di tiap-tiap SPBU untuk melakukan penjagaan. Kepala Polres Bangkalan, Ajun Komisaris Besar Sulistiyono, Selasa (18/6/2013) menjelaskan, dari sembilan SPBU yang ada di Kabupaten Bangkalan, semuanya mendapat penjagaan aparat kepolisian.

Anggota yang dikerahkan mulai dari jajaran Polsek hingga Polres sendiri dengan dibantu Shabara dan petugas lalu lintas untuk melakukan patroli setiap saat. "Fenomena kenaikan BBM selalu diwarnai dengan aksi borong BBM dalam jumlah besar oleh warga. Atau bisa saja pihak SPBU melakukan penimbunan, sehingga kita waspadai lebih awal," kata Sulistiyono.

SPBU yang sudah dilakukan penjagaan masing-masing SPBU Junok, Kota Bangkalan, Socah, Kamal, Tanah Merah, Patemon, Blega, Arosbaya dan di satu SPBU di Kecamatan Sepuluh.

Pengamanan di sembilan SPBU tersebut, kata Sulistiyono, akan berlangsung sampai batas waktu yang tidak ditentukan. "Tergantung situasi dan kondisi penjagaan yang kami lakukan. Yang jelas jika nantinya sudah kondusif, maka anggota akan kami tarik atau kami kurangi jumlahnya," tandasnya.

Sejauh ini, kata Sulistiyono, masyarakat yang datang ke SPBU masih relatif seperti pada hari-hari biasanya. Pasalnya belum ada ketentuan kapan akan diberlakukan kenaikan harga BBM tersebut. Antrean di sembilan SPBU juga tidak ada dan berjalan normal seperti biasanya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.