Kompas.com - 18/06/2013, 14:39 WIB
|
EditorFarid Assifa

DENPASAR, KOMPAS.com - Joaninha Maria Sonia Gonzales (33) alias Grandong, seorang wanita asal Timor Leste yang menculik Logan Bertrand Nicholas Mattei (2), balita asal Perancis Rabu (12/6/2013) pekan lalu sampai saat ini masih menjalani pemeriksaan intensif di Mapolsek Kuta.

Dari hasil pemeriksaan tim penyidik, motif penculikan Grandong karena ia membutuhkan biaya untuk pulang ke kampung halamannya. Modus wanita yang 3 kali masuk penjara ini bukanlah meminta tebusan namun "menggadaikan" bayi tersebut.

"Dititipkan di panti asuhan Lembah Pujian dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan dan pulang ke Tim-tim minta uang," ujar Kanit Reskrim Polsek Kuta Iptu Agustiawan saat konferensi pers di kantornya, Selasa (18/6/2013).

Dengan cara memelas meminta belas kasihan, pihak Panti Asuhan pun merasa iba dan memberi uang sebesar Rp 7 juta. Bayi yang diakui sebagai keluarganya tersebut kemudian diserahkan kepada pengurus Panti Asuhan.

Pihak Panti Asuhan awalnya sempat curiga dan menelepon ke Mapolsek Denpasar Barat untuk menanyakan ada tidaknya anak warga asing yang hilang. Namun karena ayah korban Christoper Charles Jean Mattei (44) melapor ke Polsek Kuta, pihak Polsek Denbar tidak mengetahui hal tersebut.

Setelah melakukan penelusuran, aparat Polsek Kuta kemudian berhasil mengungkap kasus ini dan membawa pulang bayi tersebut kepada ayahnya, Kamis (13/6/2013) lalu. Grandong bersama seorang teman prianya berinisial MHS dibekuk polisi dan saat ini masih mendekam di Mapolsek Kuta untuk menjalani proses hukum.

Seperti diberitakan, Grandong bertemu dan berkenalan dengan Christoper Charles Jean Mattei (44) di sebuah klub malam kawasan Kuta, Selasa (11/6/2013) lalu. Christoper kemudian membawa Grandong ke hotel tempatnya menginap dan tidur bersama.

Pada pagi harinya, Grandong pergi dengan membawa Logan, anak Christoper serta dua buah telepon genggam, dan satu buah notebook. Christoper kemudian melaporkan kejadian ini ke aparat Polsek Kuta dan hanya butuh waktu 2 hari Grandong dan Logan berhasil ditemukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.