Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.000 Kafilah MTQ Jatim Pawai Ta'aruf

Kompas.com - 18/06/2013, 14:15 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 2.000 lebih kafilah atau utusan 38 kabupaten/kota di Jawa Timur mengikuti pawai ta'aruf menjelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-XXV Jawa Timur di Surabaya, Selasa (18/6/2013). Tiga ruas jalan disterilkan untuk pawai tersebut.

Mereka dilepas dari GOR Tambak Sari Surabaya dan pawai berakhir berakhir di lapangan Taman Surya, depan Balai Kota Surabaya. "Para kafilah melalui tiga ruas jalan yakni Jalan Kusuma Bangsa, Jalan Pemuda, dan Jalan Sedap Malam, karena itu perlu disterilkan," kata Eko Heriyanto, penanggung Jawa MTQ ke-XXV Jawa Timur.

MTQ kali ini diikuti oleh sekitar 1.157 peserta, dan didampingi 896 ofisial. Tujuh cabang musabaqah yang dilombakan, yakni Tilawah Al-Quran, Tanfidz Al-Quran, Tafsir Al-Quran, Fahmil Al-Quran, Syarhil Al-Quran, Khat Al-Quran, Karya Tulis Ilmiah Al-Quran. "Kafilah terbaik, nantinya akan mewakili Jawa Timur di perhelatan MTQ tingkat nasional tahun depan," jelasnya.

Eko menjelaskan, tempat lomba disebar ke sembilan lokasi, antara lain, di Masjid Nasional Al-Akbar, Asrama Haji Sukolilo, Graha Sawunggaling, gedung Bappeko, Gedung Wanita Kalibokor, dan GOR Tambak Sari Surabaya.

Kegiatan dua tahunan ini digelar secara berjenjang untuk mendukung tumbuhnya generasi qurani, serta untuk membumikan kandungan ayat Al Quran, dan mengaktualisasikan dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat dan berbangsa bagi umat Islam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com