Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2013, 10:43 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengaku akan mengawal dan mengawasi proses penyaluran dana kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Pihaknya mengharapkan dana kompensasi tersebut tetap tepat sasaran.

Ketua Fraksi PDI-P Puan Maharani mengatakan, pihaknya ingin agar dana kompensasi ini lekas diberikan ke masyarakat yang sudah terdata, dan diberikan maksimal pada Oktober 2013, sesuai dengan program yang telah direncanakan.

"Kami akan pastikan program kompensasi BBM ini bisa berjalan dan terealisir kepada orang-orang miskin yang telah terdata atau orang yang dimiskinkan akibat kebijakan tersebut. Kami juga akan awasi jangan sampai program ini hanya sebuah program amal (charity)," kata Puan saat ditemui di Gedung DPR Jakarta, Senin (17/6/2013) malam.

Seperti diberitakan, melalui mekanisme voting, Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan 2013 (RAPBNP 2013) akhirnya disahkan menjadi Undang-Undang APBNP 2013. Hal ini sekaligus memastikan bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan naik, yang diikuti oleh pemberian bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM). 

"Kami akan tetap konsisten menyuarakan suara rakyat. Ini bukan soal menang atau kalah, melainkan bahwa kami akan tetap bersama rakyat meski pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi. Paling tidak program kompensasi ini harus diberikan maksimal pada Oktober 2013," tambahnya.

Puan khawatir bila program ini disalahartikan sebagai kampanye menjelang Pemilu 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com