Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debat Masalah Sepele, Anggota Dewan Nyaris Baku Hantam

Kompas.com - 17/06/2013, 20:42 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

MASOHI, KOMPAS.com - Hanya karena masalah sepele, yakni saling menjagokan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang berpeluang masuk pada putaran kedua pemilukada Maluku, dua anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) terlibat perang mulut dan nyaris baku hantam.

Peristiwa yang tak pantas ditunjukan dua anggota wakil rakyat itu terjadi di ruang komisi B Kantor DPRD Malteng, Senin (17/6/2013).

Kedua anggota DPRD tersebut yakni JL yang berasal dari fFraksi PKB dan JS yang berasal dari fraksi PDIP. PKB di Pemilukada Maluku mengusung pasangan Abdullah Tuasikal - Hendrik Lewerisssa (Tulus) sedangkan PDIP mengusung pasangan Herman Koedoeboen - Daud Sangadji (Mandat).

Sumber Kompas.com di Kantor DPRD Malteng yang enggan namanya dipublikasikan, Senin petang mengatakan, kejadian memalukan tersebut terjadi saat sejumlah anggota komisi B DPRD tengah berdiskusi soal siapa pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku yang bakal masuk putaran kedua.

Saat berdebat itulah, kedua anggota DPRD ini tidak mampu mengendalikan emosi. Keduanya lantas terlibat perang mulut dan nyaris saja adu jotos. Beruntung, para pegawai dan sejumlah anggota DPRD lainnya tidak melerai keduanya.

JL yang tak mampu mengontrol emosi, bahkan berdiri dari tempat duduknya dan langsung menyerang JS. "Keduanya sudah berusia di atas 50 tahun. Awalnya mereka mendiskusikan siapa calon yang akan masuk putaran kedua Pilgub Maluku, namun lama-lama terjadi perdebatan dan keduanya langsung terbakar emosi dan nyaris adu jotos," kata sumber tersebut.

Masih menurut sumber itu, kedua anggota DPRD ini sama-sama mengklaim pasangan yang diusung partainya lolos dalam putaran kedua. Padahal, KPU Maluku secara resmi belum menetapkan siapa yang akan masuk dalam putaran kedua pemilukada Maluku nanti.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com