Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertunda Seminggu, Pilkada Maluku Tenggara Digelar

Kompas.com - 17/06/2013, 17:44 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

LANGGUR, KOMPAS.com - Setelah sempat tertunda selama sepekan, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tenggara, yang sedianya dilakukan bersamaan dengan pemilihan Gubernur Maluku pada 11 Juni lalu, akhirnya digelar, Senin (17/6/2013).

Pilkada Maluku Tenggara diikuti enam pasangan, yakni pasangan nomor urut 1 Longginus Sangur-Abdur Rasid Wokanubun, 2 Andrias Rentanubun-Yunus Serang, 3 H.M.Thaher Hanubun-Gabriel Habel Hukubun, 4 Samuel Resubun-Muti Matdoan, 5 Josep Renmeuw-Wardatu Uar, dan 6 Yosep Sikteubun-Dzulkifli Rettob.

Warga Kabupaten Maluku Tenggara, yang memiliki hak pilih mendatangi sejumlah tempat pemungutan suara dan memberikan hak pilihnya. Jumlah pemilih yang mengikuti Pilkada Malra berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) berjumlah 68.011 orang dengan jumlah TPS 270 unit.

Warga Malra, Rony Resubun, Senin siang, mengakui jika warga di Malra telah memilih pasangan bupati dan wakil bupati Maluku tenggara hari ini, setelah sebelumnya sempat tertunda karena adanya insiden kecurangan pada sejumlah kotak suara. "Benar, sudah dilakukan pemilihan. Warga Maluku Tenggara telah menggunakan hak pilihnya, setelah pada pekan lalu tertunda," kata Rony.

Kesepakatan pemungutan suara dilakukan pada hari ini setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Tenggara, Panwaslu dan pemerintah daerah memutuskan pilkada Bupati dan Wabub setempat yang mengalami penundaan akan diselenggarakan pada 17 Juni 2013.

"Pemungutan suara hari ini sesuai keputusan bersama antara KPU, Panwas, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara serta DPRD," kata Ketua KPU Maluku Tenggara Joppy Renjaan di Langgur.

Joppy menyatakan, keputusan itu mendapat persetujuan dan dukungan penuh dari Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu, Ketua KPU Maluku Idrus Tatuhey serta Ketua Panwas Maluku Dumas Manery, yang berkunjung ke Langgur dan menggelar pertemuan bersama pada Jumat (14/6/2013) malam.

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara ditunda karena terjadi kecurangan di 40 kotak suara, sehari sebelum dilakukan pemilihan, KPU setempat bersama para kandidat lalu membatalkan pilkada Maluku Tenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com