Kompas.com - 17/06/2013, 16:24 WIB
|
EditorKistyarini

PASURUAN, KOMPAS.com - Setelah diguyur hujan selama sehari, dua kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, yakni Kecamatan Bangil dan Kecamatan Beji, terendam banjir, Senin (17/6/2013). Ketinggian air mencapai 20 hingga 120 sentimeter.

Akibat banjir tersebut, aktivitas warga pun terganggu karena sejumlah jalan antardesa digenangi air. Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, ribuan rumah di Kecamatan Beji terendam air, yakni di Kelurahan Kalianyar 1.346 rumah, Kalirejo 445 rumah, Desa Tambakan 625 KK, Desa Manaruwi 250, Desa Masangan 285, dan Kelurahan Latek 125 rumah.

Sedangkan di Kecamatan Beji, banjir merendam 220 rumah di Desa Kedungringin dan 100 rumah di Kedungboto. Jika ditotal mencapai 3396 rumah. "Dan hingga saat ini belum surut, karena hujan terus mengguyur," papar Yudha Triwidya Sasongko, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Senin siang.

Yudha menjelaskan posisi Kecamatan Bangil dan Beji yang secara geografis lebih rendah menjadikan kedua daerah itu muara dari luberan dari sejumlah sungai karena aliran deras di sungai Bangil tak mampu menampung kiriman hujan dari wilayah pegunungan seperti wilayah Prigen dan Pandaan. "Dan ini hampir tiap tahunnya menjadi langganan banjir," tambahnya.

Sejumlah satuan kerja di lingkungan Pemkab Pasuruan, seperti Dinas Sosial Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Dinas Pengairan, dan Dinas Kesehatan, yang dibantu sejumlah relawan, bekerja sama mendirikan posko-posko bantuan.  "Kita siapkan semua peralatan kita untuk membantu warga," tambahnya.

Dari pantauan Kompas.com, banjir mengakibatkan aktivitas warga terganggu sejak pagi karena akses menuju sekolah, kantor, ataupun pasar tergenang. Sebagian warga hanya bertahan di rumah serta memindahkan perabotan rumah ke tempat yang lebih tinggi agar terbebas dari air.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X