Kompas.com - 17/06/2013, 16:12 WIB
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Para pengunjuk rasa yang menolak kenaikan harga BBM di depan Gedung DPR Jakarta mengancam akan menutup semua pintu keluar gedung rakyat itu. Hal itu akan dilakukan jika harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi benar-benar dinaikkan dalam rapat paripurna MPR/DPR.

Said Aqil, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dalam orasinya mengatakan, buruh dan sebagian besar masyarakat menolak rencana kenaikan harga BBM. Said mengancam akan menutup sejumlah jalan dan melakukan mogok nasional jika harga BBM dipastikan akan naik.

"Jika anggota DPR menaikkan harga BBM, kepung pintu depan dan belakang gedung DPR dan jangan biarkan mereka keluar dari gedung parlemen ini!" teriak Said yang disambut teriakan dukungan dari massa buruh, Senin (17/6/2013).

Selain itu, tambah Said, buruh siap melakukan mogok nasional jika harga BBM benar-benar naik. "Kami juga akan melakukan mogok nasional. Buruh siap mogok nasional untuk menolak kenaikan BBM," kata Said.

Selain itu, sejumlah mahasiswa yang berdemontrasi meneriakkan yel-yel yang menyatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah pengkhianat rakyat karena mendukung kenaikan harga BBM, yang dipastikan menyengsarakan rakyat.

Sementara itu, kondisi di Jalan Gatot Subroto, tepatnya di depan gedung DPR RI, tidak dapat dilalui kendaraan. Kendaraan dari arah Cawang harus berbelok ke arah JCC Senayan, Jakarta Pusat.

Kepala Bagian Bina Operasi Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, polisi menutup akses pintu keluar tol dalam kota, tepatnya pintu tol keluar Polda dan Senayan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Arus lalu lintas yang akan melewati depan DPR dialihkan untuk masuk tol dalam kota atau menuju JCC Senayan," kata Budiyanto, Senin (17/6/2013).

Untuk arah sebaliknya, terpantau lancar. Tidak ada kemacetan dari arah Slipi ke Cawang. Adapun arus lalu lintas di tol dalam kota lancar di kedua arahnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.