Kompas.com - 17/06/2013, 16:06 WIB
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak lima pengunjuk rasa menolak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) dan wartawan yang meliput di Ternate terkena tembakan peluru karet dari aparat kepolisian setempat, Senin (17/6/2013). Keenam orang tersebut saat ini menjalani perawatan di rumah sakit.

"Dari pelaku demonstran ada enam yang juga mengalami luka-luka. Kebetulan satu di antaranya adalah wartawan dari Mata Publik. Keenam orang tersebut terkena luka tembak, tapi dengan peluru karet, tidak ada peluru tajam," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Agus Rianto di Mabes Polri, Jakarta, Senin.

Agus mengatakan, tak ada organ tubuh vital yang terkena tembakan. Kelima orang itu menderita luka tembak di bagian kaki dan tangan. Sementara itu, seorang wartawan menderita luka tembak di bagian pinggul kiri.

Agus menjelaskan, tembakan peluru karet dilepaskan setelah berbagai upaya tak meredakan aksi massa yang bertindak anarkis. Awalnya unjuk rasa yang diikuti 1.500-2.000 mahasiswa dan warga itu berlangsung tertib pada pukul 7.30 WIT.

"Perjalanan dilakukan dengan cara long march melewati rute yang menganggu aktivitas masyarakat lainnya. Pihak Polri berupaya melakukan langkah pencegahan agar kegiatan tersebut tidak berlarut-larut," terang Agus.

Kemudian sekitar pukul 12.05 WIT, massa mulai bertindak anarkis. Mereka bahkan dikatakan berupaya melukai petugas kepolisian. Aparat pun membalas dengan tembakan peluru karet. "Ini sudah dilakukan sesuai tahapan yang diatur, dan ditentukan. Kasus ini diserahkan kepada Kapolda untuk langkah lebih lanjut dalam rangka memberi rasa aman bagi masyarakat," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.