Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bakal Naik, Permintaan Premium Meningkat

Kompas.com - 17/06/2013, 15:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina menyatakan terdapat kenaikan permintaan untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis premium menjelang keputusan kenaikan harga BBM bersubsidi tersebut. 

"Jadi ada kenaikan sebesar 3 persen, masih aman, lebih rendah dibandingkan dengan kenaikan pada pasca lebaran yang biasanya 10 persen," kata Ali Mundakir VP Comunnication Pertamina, di Jakarta, Senin (17/6/2013).

Kenaikan itu mulai dirasakan semenjak H-7 hingga pada hari ini. Jika biasanya ada permintaan sebesar 80.000 barel per hari maka pada sepanjang masa itu permintaan premium secara rata-rata mencapai 81.000 barel per hari. Sedangkan permintaan solar malah alami penurunan karena liburnya sejumlah perusahaan transportasi dan kargo.

"Premium memang menaik namun kita berusaha jaga agar konsumsi BBM bersubsidi tidak menaik terus menerus," katanya.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan  mekanisme pengawasan melalui Radio Frequency Identification (RFID) di berbagai SPBU di Indonesia. Untuk tahap pertama penerapan pembatasan pemakaian BBM bersubsidi melalui RFID  akan diterapkan di SPBU se - DKI Jakarta. Selanjutnya akan disebar ke wilayah lainnya di indonesia.

"Pada Juli ini RFID sudah siap di SPBU DKI Jakarta,  setelah itu baru kami fokuskan ke wilayah lainnya di seluruh indonesia semoga tidak adanya kelebihan permintaan atas BBM bersubsidi," katanya. (Arif Wicaksono)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com