Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tukang Bangunan Tewas Tertimpa Besi Rangka

Kompas.com - 17/06/2013, 12:34 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Akibat lalai dalam bekerja, seorang pekerja bangunan bernama Saeful Rahmat (22) tewas tertimpa besi rangka mesin bor tanah besar pada sebuah proyek rumah tinggal di Jalan Putri, Kelurahan Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Senin (17/6/2013).

Salah seorang pekerja rekan korban, Yogi Bintang Pamungkas (23) menceritakan, saat itu sekitar pukul 09.20 WIB, ia bersama Saeful serta Kiki hendak memasang mur dan baut yang terlepas di salah satu tiang penyangga mesin bor. Setelah mereka bertiga naik ke atas tiang penyangga setinggi 6 meter itu, tiba-tiba saja konstruksi tiang berbentuk piramida menjadi tidak stabil dan ambruk.

"Ya, tadinya mau pasang baut yang lepas. Tapi tiba-tiba konstruksinya runtuh. Saya langsung lompat, tapi Saeful tidak sempat," kata Yogi saat ditemui di lokasi kejadian, Senin.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Lengkong Kompol A Chries. Menurutnya, kejadian yang merenggut nyawa Saeful murni karena kelalaian pengawas pekerja atau mandor. Tiang penyangga itu, kata Chries, roboh lantaran fondasinya tidak dipatenkan dengan cara ditanam ataupun diberikan pasak untuk memperkuat fondasi bawah.

"Ini murni kelalaian kerja, seharusnya untuk pengamanan diperkuat dulu bawahnya," tegas Chries.

Selain itu, Chries juga melihat kontur tanah yang berada di bawah mesin penyangga tidak stabil karena hanya berupa tanah bekas galian yang tidak keras.

Setelah melakukan proses identifikasi, jenazah korban langsung dibawa pulang ke keluarganya untuk dimakamkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com