Kompas.com - 17/06/2013, 12:34 WIB
|
EditorFarid Assifa

BANDUNG, KOMPAS.com - Akibat lalai dalam bekerja, seorang pekerja bangunan bernama Saeful Rahmat (22) tewas tertimpa besi rangka mesin bor tanah besar pada sebuah proyek rumah tinggal di Jalan Putri, Kelurahan Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Senin (17/6/2013).

Salah seorang pekerja rekan korban, Yogi Bintang Pamungkas (23) menceritakan, saat itu sekitar pukul 09.20 WIB, ia bersama Saeful serta Kiki hendak memasang mur dan baut yang terlepas di salah satu tiang penyangga mesin bor. Setelah mereka bertiga naik ke atas tiang penyangga setinggi 6 meter itu, tiba-tiba saja konstruksi tiang berbentuk piramida menjadi tidak stabil dan ambruk.

"Ya, tadinya mau pasang baut yang lepas. Tapi tiba-tiba konstruksinya runtuh. Saya langsung lompat, tapi Saeful tidak sempat," kata Yogi saat ditemui di lokasi kejadian, Senin.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Lengkong Kompol A Chries. Menurutnya, kejadian yang merenggut nyawa Saeful murni karena kelalaian pengawas pekerja atau mandor. Tiang penyangga itu, kata Chries, roboh lantaran fondasinya tidak dipatenkan dengan cara ditanam ataupun diberikan pasak untuk memperkuat fondasi bawah.

"Ini murni kelalaian kerja, seharusnya untuk pengamanan diperkuat dulu bawahnya," tegas Chries.

Selain itu, Chries juga melihat kontur tanah yang berada di bawah mesin penyangga tidak stabil karena hanya berupa tanah bekas galian yang tidak keras.

Setelah melakukan proses identifikasi, jenazah korban langsung dibawa pulang ke keluarganya untuk dimakamkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.