Kompas.com - 17/06/2013, 12:10 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengamankan jalannya aksi unjuk rasa menentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, ribuan petugas keamanan dikerahkan di sejumlah titik demo. Di depan Istana Merdeka, terdapat ratusan petugas dari satuan kepolisian dan TNI yang ditunjang oleh belasan mobil water cannon.

Pantauan Kompas.com di lokasi, personel kepolisian dan TNI sudah bersiap menyambut pendemo di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. Mereka berpakaian lengkap dengan menggunakan tameng dan pentungan.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, petugas kepolisian sudah menyiapkan mobil water cannon yang saat ini sudah terparkir berjajar di area kompleks Monumen Nasoinal, tepatnya gerbang barat, di depan Istana Merdeka. Selain itu, beberapa petugas kepolisian juga sudah berjaga di depan gedung-gedung pemerintahan yang berada di sekitar kawasan Monas, seperti gedung Kemenkoinfo, Kemenkokesra dan Kementrian Perhubungan yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat.

Di pintu gerbang masing-masing gedung itu terdapat sekitar 30 orang polisi yang berjaga. Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Angesta Romano Yoyol mengatakan, sedikitnya 7.500 personel kepolisian dan 1.000 anggota TNI dikerahkan untuk menjaga jalannya aksi unjukrasa di sejumlah tempat di Jakarta Pusat. Termasuk Istana Negara dan gedung MPR/DPR RI.

"Penambahan jumlah personel akan dilakukan jika dibutuhkan, tergantung situasinya", jelas Yoyol di depan Istana Negara, Senin (17/6/2013).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.