Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan 5 Jam, Ratusan Rumah di Kediri Kebanjiran

Kompas.com - 17/06/2013, 12:04 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Hujan deras yang turun selama sekitar lima jam di Kota Kediri, Jawa Timur, menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir hingga setinggi pinggang orang dewasa, Senin (17/6/2013).

Ratusan rumah tersebut tersebar di beberapa kawasan dengan kondisi paling parah berada pada Kelurahan Ngampel di Kecamatan Mojoroto serta Kelurahan Kaliombo di Kecamatan Kediri Kota.

Pada kawasan Kaliombo, banjir menggenangi sekitar 200 rumah yang terletak di kawasan Perumahan Bumi Asri. Sedangkan pada Kelurahan Ngampel, terdapat sekitar 270 rumah khususnya pada 12 Rukun Tetangga di empat wilayah rukun warga. Bahkan pada pada RT 12, RT 6 serta RT 1 Kelurahan Ngampel, ketinggian air mencapai pinggang.

Wakil Ketua RW di Kelurahan Ngampel, Dwi Prayogo, mengatakan, air mulai datang dan menggenangi rumah di saat para warga sedang terlelap tidur, yaitu sekitar pukul 03.00 dini hari. "Banjir ini merupakan kejadian terparah sejak dua tahun terakhir ini," kata Dwi Prayogo.

Wali Kota Kediri, Samsul Azhar mengatakan, penyebab banjir diantaranya adalah buruknya kondisi saluran air. Dalam pengamatannya, Samsul menambahkan, banyak warga yang kurang peduli pada lingkungan misalnya dengan membuang sampah sembarangan sehingga berdampak pada penyempitan saluran air.

"Tadi saya sudah instruksikan kepada PU untuk membuat perencanaan (pembangunan) yang baik," kata Samsul saat melakukan inspeksi mendadak di lokasi banjir.

Pemerintah Kota Kediri menyiapkan bantuan berupa sembilan bahan pokok untuk disalurkan kepada korban banjir. Selain itu, Samsul juga menjanjikan bantuan bagi petani yang merugi karena bencana ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com