Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Skema Pengalihan Arus Selama Demo BBM

Kompas.com - 17/06/2013, 12:02 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan petugas kepolisian dan TNI telah bersiaga untuk mengamankan jalannya aksi unjuk rasa menolak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di sejumlah titik, seperti depan Istana Merdeka, Gedung parlemen MPR/DPR, dan Balaikota DKI Jakarta.

Pihak kepolisian rencananya akan melakukan pengalihan arus untuk mencegah kemacetan yang terjadi akibat dari jalannya demonstrasi ini. Akan tetapi penglihan itu dilakukan jika diperlukan saja.

"Ini pengalihan arus dilakukan melihat kondisinya terlebih dahulu. Jadi sifatnya situasional. Tapi telah kami siapkan," ujar Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat, Ajun Komisaris Besar Slamet Widodo di Monas, Senin (17/6/2013).

Berikut skema pengalihan arus demo menolak kenaikan harga BBM bersubsidi:

1. Istana Negara:
A. Penutupan di Pertigaan Pertamina/A9 dialihkan Jalan Perwira - Jalan Banteng Barat - Tugu Adipura - Jalan Veteran Raya - traffic light Harmoni dst.
B. Dari arah Hayam Wuruk Penutupan di traffic light Harmoni - Jalan H Juanda-Pintu Air - Jalan Pos - Jalan Banteng Barat - Jalan Pejambon - Jalan Medan Merdeka Timur - Tugu Tani dst.
C. Penutupan Bundaran Air Mancur/Patung Kuda dialihkan - ke kiri, Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit - traffic light Harmoni dst.

2. Balai Kota/Kementerian BUMN:
A. Penutupan di depan Kedubes AS dialihkan ke Gambir - Jalan Merdeka Timur - Jalan Perwira dst.

3. Gedung DPR/MPR RI:
A. Penutupan di Semanggi dialihkan ke Jalan Sudirman - Thamrin dst.
B. Penutupan di Jalan Gatot Subroto, di Sekat dua/fly over Senayan - dialihkan ke keri Jalan Gerbang Pemuda - belok Kiri - Jalan Asia Afrika dst.
C. Penutupan Off Ramp jalan Tol/Pulo Dua diluruskan ke arah Slipi/Tomang.
D. Penutupan PosPol Palmerah/Jalan Gelora (belakang Gedung DPR/MPR RI) diarahkan lurus ke Permata Hijau dst.
E. Penutupan di traffic light Lapangan Tembak/Jalan Gelora - untuk arus lalin dari fly over Senayan diarahkan belok kiri ke Jalan Asia Afrika dst.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com