Kompas.com - 15/06/2013, 09:39 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

KEFAMENANU, KOMPAS.com — Warga Indonesia yang bermukim di sepanjang wilayah perbatasan sering kali lebih akrab dengan negara tetangga dibandingkan Tanah Air sendiri. Hal ini yang dialami oleh warga di perbatasan Indonesia dengan Timor Leste, khususnya warga Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur.

Tak jarang, banyak warga di sekitar wilayah perbatasan itu justru mendapatkan jaringan seluler dari operator Timor Leste dibandingkan operator lokal. Patrisius Siki, warga Desa Tes, Kecamatan Bikomi Utara, kepada Kompas.com, Jumat (14/6/2013) malam, mengatakan, kuatnya sinyal milik Timor Leste sering mengganggu sinyal lokal.

"Di desa kami, antara sinyal Timor Leste dan Telkomsel, sering masuk bersamaan, namun lebih kuat yang berasal dari Timor Leste. Sinyal Timor Leste kalau masuk biasanya penuh, sementara sinyal Telkomsel hanya muncul satu bar, itu pun kadang muncul dan hilang kembali sehingga kita sangat kewalahan pada saat mau nenelepon," kata Patrisius.

Menurut Patrisius, pada tahun 2012 lalu, warga masih bisa berkomunikasi via telepon seluler dengan baik walaupun kekuatan sinyal lokal lemah. Namun, masuk 2013, rupanya pihak Timor Leste pun membangun jaringan pemancar telepon seluler yang berada persis di perbatasan sehingga langsung mendominasi sinyal.

"Dulu kami masih bisa telepon dengan baik, tetapi sekarang pas kita mau telepon, di handphone hanya muncul sinyal Timor Leste," keluh Patrisius.

Karena itu, Patrisius berharap pihak penyedia layanan lokal bisa membangun lagi jaringan seluler di perbatasan dengan kekuatan sinyal yang lebih besar agar bisa mengimbangi milik Timor Leste.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.