Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Luwu Timur, Lima Rumah Ambruk, Ratusan Terendam

Kompas.com - 14/06/2013, 21:20 WIB
Kontributor Tana Luwu, Husain

Penulis

LUWU TIMUR, KOMPAS.com - Hujan deras yang melanda Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan dalam sepekan terakhir menyebabkan sungai Karebbe di Desa Laskap, Kecamatan Malili meluap dan merendam ratusan rumah, Jumat (14/6/2013).

Selain merendam rumah dan kebun warga, derasnya aliran sungai menyebabkan lima rumah milik warga di bantaran sungai ambruk. Beruntung bencana ini tidak menimbulkan korban jiwa. Kelima rumah yang ambruk masing-masing milik Nasdin, Salma, Naslam, Hasnah dan Warni.

Kepala badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur Andi Makkaraka terjun langsung ke lokasi bencana untuk mengiventarisasi kerugian yang dialami korban rumah ambruk.

"Kami imbau warga agar tidak lagi memanfaatkan bangunan di bantaran sungai Karebbe karena akan mengancam keselamatan mereka," ungkap Makkaraka, Jumat (14/6/2013).

Sebelumnya, pemerintah daerah Luwu Timur telah mengantisipasi hal tersebut dengan melarang warga di Desa Laskap membangun pusat jajanan di bantaran sungai Karebbe. Namun imbauan ini tidak pernah digubris.

Lokasi bangunan memang rawan dari ancaman bencana karena terletak di bantaran sungai Karebbe. Bahkan sebagian tiang penyangga rumah yang berbentuk panggung masuk ke badan sungai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com