Kompas.com - 14/06/2013, 17:00 WIB
|
EditorKistyarini

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Bupati Gunungkidul Imawan Wahyudi berjanji menunggui para pengungsi tanah longsor di Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal itu dilakukan Imawan sambil memantau bantuan.

Seperti diberitakan, hujan deras yang mengguyur Gunungkidul sejak siang menyebabkan tebing di Dusun Kedo Ploso, Pengkol, Kecamatan Nglipar, longsor, Kamis (13/6/2013). Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 16.45 WIB ini menyebabkan satu orang terluka dan 20 kepala keluarga (KK) mengungsi.

Imawan mengatakan, dia merasa lebih baik berada di pengungsian sambil memantau bantuan daripada berada di kantor. "Saya berjanji akan tetap di sini (pengungsian) sampai bantuan datang dan cukup untuk para pengungsi," kata Imawan yang ditemui di lokasi pengungsian, Jumat (14/6/2013).

Ia mengungkapkan, yang dibutuhkan para pengungsi saat ini adalah bahan makanan dan selimut. "Untuk obat-obatan, segera dikirim dari puskesmas," tandas Imawan.

Dia menambahkan, bantuan dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan dikoordinasikan secara lintas sektoral, yakni antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Dinas Kesehatan. "Kami akan segera berkoordinasi untuk memaksimalkan bantuan," ujarnya.

Ia berharap masyarakat tetap berada di posko pengungsian sampai kondisi benar-benar aman. Sebab, cuaca saat ini masih belum normal.

Sementara itu, Kepala BPBD Gunungkidul Budi Harjo mengatakan, terdapat tiga titik lokasi pengungsian, yakni di Masjid Al-Mu'min, rumah warga, dan rumah milik kepala Dusun Kedoploso, Sumadi. "Untuk dapur umum, kita dirikan di masjid dan rumahnya Pak Dukuh," ujar Budi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.