Kompas.com - 14/06/2013, 16:38 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Bursa Efek Indonesia (BEI) menganggap kenaikan suku bunga acuan BI (BI rate) menjadi 6 persen berdampak positif ke Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini. Buktinya, IHSG hingga menjelang penutupan perdagangan bursa hari ini naik 3 persen.

"Kebijakan BI menaikkan BI rate telah mengangkat IHSG hari ini. Begitu pula dengan seluruh sektor saham yang naik positif, termasuk sektor properti," kata Direktur Utama BEI, Ito Warsito, di kantornya, Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Ito menyebut pelemahan IHSG selama ini diakibatkan dari ketidakpastian perekonomian ekonomi global dan regional. Dari sisi internal, investor juga masih mencermati kepastian kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga BBM bersubsidi. Selain itu, investor juga melihat neraca perdagangan yang defisit. Begitu pula dengan neraca anggaran yang juga mengalami hal yang sama.

"Investor sangat menantikan kepastian penyesuaian harga subsidi BBM. Jadi, pemerintah harus cepat mengambil keputusan ini," tambahnya. Ito menganggap bahwa penurunan IHSG selama ini belum separah dengan kondisi bursa saham di Thailand dan Filipina. Kedua bursa regional itu mengalami penurunan masing-masing 4,5 persen dan 4,9 persen.

Secara terpisah, Menteri Keuangan Chatib Basri juga mendukung kebijakan BI dalam menaikkan suku bunga acuannya, apalagi sehari sebelumnya, BI juga telah menaikkan deposit facility rate (Fasbi) dengan kenaikan yang sama. "Dengan kebijakan tersebut, nilai tukar rupiah stabil dan bursa saham naik 3 persen," kata Chatib.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.