Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Pengungsi Rohingya Tersesat di Hutan Garut

Kompas.com - 14/06/2013, 15:56 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

GARUT, KOMPAS.com — Puluhan imigran gelap asal Rohingya (Myanmar) diamankan petugas kepolisian di sebuah kawasan hutan Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Kamis (13/6/2013).

Polisi menemukan para imigran gelap ini setelah mendapatkan informasi dari warga yang melihat rombongan orang asing tersesat di hutan Sancang, Garut.

Kepala Satuan Polisi Air Polres Garut AKP Tri mengatakan, rombongan imigran tersebut diduga berjumlah puluhan sampai ratusan orang. Pasalnya, sesuai pengakuan puluhan imigran yang ditangkap, mereka mengaku datang dengan jumlah sampai ratusan orang sebagai pengungsi asal Rohingya. Imigran tersebut hendak pergi ke Australia dengan cara menyeberang melalui jalur laut selatan Garut.

"Jumlah semua imigran di hutan ini belum bisa dipastikan. Kami masih mengejar beberapa imigran lain yang melarikan diri ke hutan. Mereka yang berhasil kami amankan berasal dari Rohingya, Myanmar," kata Tri saat dihubungi, Jumat (14/6/2013) siang.

Tri menambahkan, selain masih mengejar para imigran lainnya, pihaknya telah berkoordinasi dengan kantor imigrasi setempat. Sementara ini, sebagian dari para imigran telah diamankan dan dibawa ke Kota Garut untuk ditampung sementara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com