Kompas.com - 14/06/2013, 14:36 WIB
|
EditorKistyarini

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Gunung Merapi kembali mengembuskan asap berwarna putih kecoklatan setinggi 100 meter, Jumat (14/6/2013) sekitar pukul 09.20 WIB. Embusan itu memicu turunnya hujan abu di Kecamatan Srumbung, Muntilan, Magelang.

"Embusan asap terekam dari stasiun CCTV di Bronggang, Kali Gendol, dan juga teramati dari pos-pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM)," kata Surono, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Jumat.

Ia menjelaskan, embusan yang keluar dari puncak Gunung Merapi berwarna putih kecoklatan dan tingginya sekitar 100 meter condong ke arah barat. "Embusan itu menyebabkan abu tipis di beberapa tempat," kata Surono.

Surono mengungkapkan embusan yang terjadi didahului dengan adanya aktivitas gempa yang terekam di Stasiun Pusunglondon. "Status Gunung Merapi tetap normal," ujarnya.

Sementara itu, di tempat berbeda, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Prasetya Budi Laksana menegaskan, peristiwa tersebut merupakan hal biasa. "Embusan yang keluar dari puncak Merapi merupakan salah satu ciri aktivitas gunung yang masih aktif. Itu hal yang wajar," ungkap Prasetya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.